Rabu, 02 Oktober 2013

About Information and Communication Technologies






A. Pengertian ICT


       Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenaldengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besarterminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikaninformasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagaialat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalahsegala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses danmentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasidan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi TeknologiInformasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkaitdengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. TIK menjadi simbol kemajuan bagi sebuah bangsa, maka tak heran kalau TIKmenjadi mata pelajaran yang harus dikuasai oleh pelajar saat ini. 

B. Fungsi TIK
 Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)dalam PembelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalamkegiatan pembelajaran, yaitu 
1. Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya. 
2. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. 
3. Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.Disinilah peran dan fungsi teknologi informasi untuk menghilangkan berkembangnya sel dua, tigadan empat berkembang di banyak institusi pendidikan yaitu dengan cara: 
Meminimalisir kelemahan internal dengan mengadakan perkenalan teknologi informasi global dengan alat teknologi informasi itu sendiri (radio, televisi, computer ) 
Mengembangkan teknologi informasi menjangkau seluruh daerah dengan teknologi informasi itu sendiri (Wireless Network connection, LAN ), dan 
Pengembangan warga institusi pendidikan menjadi masyarakat berbasis teknologi informasi agar dapat terdampingan dengan teknologi informasi melalui alat-alat teknologi informasi.

 C. Penggunaan ICT dalam Pengajaran dan Pembelajaran:
(a) TutorialICT digunakan untuk pembelajaran tutorial apabila digunakan untuk menyampaikaninformasi/pelajaran berdasarkan urutan urutan yang telah ditetapkan.Pembelajaran tutorial meliputi :· Pembelajaran ekspositori yaitu penjelasan terperinci.· Demonstrasi dan latihan.
(b) EksplorasiPenggunaan ICT untuk pembelajaran berlaku apabila ICT digunakan sebagai media untuk :· Mencari dan mengakses informasi dari internet.· Melihat demonstrasi sesuatu kejadian sesuai urutan dengan soft ware dan hard ware.
(c). Alat aplikasi.ICT dikatakan sebagai alat aplikasi apabila membantu murid melaksanakan tugas Contoh : –membuat dan menganalisa diagram dalam pelajaran matematika.
(d) Komunikasi.ICT dikatakan sebagai alat untuk memudahkan komunikasi antara tenaga pendidik denganmurid dalam mengirim,dan menerima informasi.

D. Penerapan ICT dalam Pendidikan. 
   Buku ElektronikBuku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untukmenayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuahe-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehinggainformasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-bookpaling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentukelektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapatdisimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD ataudigital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yangtersedia sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebihcermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakanensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-bookmenyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsurmultimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengancuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apayang dimaksud oleh penyaji.
E-learning. 

  Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal,yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahanajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsungdengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebihluas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupuntelevisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisipendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet.

E. Manfaat ICT dalam bidang Pendidikan (e-education)
   Peran TIK dalam bidang pendidikan sangat tidak mungkin untuk dihindari. Dalam duniapendidikan teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembanganzaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Teknologi Informasi dan Komunikasisering dijumpai sebagai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, daninternet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinyainteraksi antara dua orang atau lebih. 
  Pendidikan yang menggunakan sarana TIK, terutamainternet umumnya disebut e-education.Salah satu pernanan TIK dalam dunia pendidikan saat ini adalah dengan munculnya E-learning. Dengan e-Learning memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh(E-learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.E-learning merupakan dasar dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruangkelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning jugadapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biayayang harus dikeluarkan oleh sebuah Program pembelajaran atau Program pendidikan. Dengandemikian e-learning dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biayapendidikan untuk belajar menjadi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antarapeserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupunsesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengaksesbahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu pesertadidik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran. 
  PemerintahIndonesia sekarang tengah gencar-gencarnya memanfaatkan teknologi ini bekerja samadengan TELKOM melaksanakan Program “internet go to school”, yaitu pengadaan internetbagi sekolah-sekolah yang belum mempunyai sarana internet.Jika dilihat berdasarkan jenis kegiatannya, maka ICT dapat bermanfaat untuk:a. PenelitianPenggunaan peralatan TIK sangat bermanfaat dalam mendukung semua kegiatan penelitiandalam bentuk proses pencarian data, pengolahan data, sehingga hasil yang bagus danbermanfaat dari suatu penelitian dapat diperoleh. Disamping itu, proses penyebaran informasihasil penelitian diharapkan lebih cepat dan tepat pada sasaran yang dituju.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar